10 Macam Aplikasi Geosintetik pada Konstruksi

Geosintetik adalah bahan-bahan sintetis yang digunakan dalam konstruksi untuk meningkatkan kinerja material geoteknis, seperti tanah, batuan, atau bahan alam lainnya. Geosintetik saat ini memiliki berbagai macam jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Mulai dari yang sudah kita sering dengar seperti Geomembrane, Geotextile, Geocomposite, hingga jenis geosintetik jenis baru seperti Geonet, Concrete Mat Cloth dan lainnya. Ada juga geosintetik yang terbuat dari bahan alami seperti Cocomesh.

Penampungan Air Minum

Geosintetik jenis geomembrane memiliki karakteristik kedap terhadap cairan. Kelebihan ini pun dapat digunakan sebagai lapisan kedap untuk memisahkan material padat maupun cairan yang berupa limbah dan non-limbah.

Miliki sifat yang tahan terhadap kontaminasi sehingga sangat penting untuk melindungi penampungan air bersih.

Drainase Pemukiman

Aplikasi geosintetik pada drainase ini biasanya ditemukan di proyek dinding penahan tanah, pembangunan lapangan olahraga, bendungan, waduk, serta daerah irigasi pemukiman. Geosintetik yang sering kali digunakan adalah geosintetik jenis geocomposite.

Geocomposite memungkinkan aliran yang memadai di dalam bidangnya tanpa kehilangan tanah. Hal ini mampu menciptakan kesimbangan antara interaksi tanah dan geosintetik.

Filter Saluran Air

Geosintetik sebagai filter bertujuan mencegah terjadinya perpindahan dan tercampurnya partikel-partikel dari tanah atau lumpur bersama aliran air.

Geotextile Non Woven biasa digunakan pada proyek kontruksi yang membutuhkan sistem filtrasi. Geotextile jenis ini dinilai cocok karena memiliki tekstur yang mampu menyaring berbagai jenis tanah dan butiran-butiran lainnya.

Memperkuat Jalan Yang Diaspal

Jalan yang diaspal akan sangat awet serta hemat dalam biaya pemeliharaan dengan dilakukan penambahan material geosintetik.

Woven geotextile dipilih karena memliki kekuatan tarik, kekuatan terhadap tusukan, sobekan, kemuluran dan juga ketahanan terhadap mikroorganisme serta tahan terhadap bahan-bahan kimia.

Memperkuat Lapisan Beton

Geosintetik jenis geogrid telah terbukti secara signifikan mampu meningkatkan kerentanan perkerasan terhadap retak lingkungan. Hal ini biasanya umum terjadi saat pembangunan di atas tanah dasar yang sangat ekspansif.

Geogrid bekerja dengan cara saling mengunci material tanah yang ditempatkan di atasnya. Bukaan pada geogrid memungkinkan pengurungan material di dalamnya, meningkatkan kekuatan geser pengisi granular di atasnya.

Konstruksi Pertambangan

Geosintetik jenis geocell dipilih karena mampu menutup dan membatasi tanah, agregat, atau bahan pengisi lainnya. Kemampuannya menstabilkan tanah dan mengendalikan erosi di lahan yang curam sangat cocok diaplikasikan pada daerah pertambangan.

Struktur geocell tiga dimensi yang dapat diisi dengan tanah, kerikil, atau bahan lain mampu menstabilkan lereng yang curam serta mencegah erosi.

Distribusi Air

Aplikasi geosintetik pada konstruksi lainnya adalah distribusi air. Jenis geopipe digunakan untuk menghilangkan cairan berbahaya. Material ini memiliki struktur yang sangat tahan terhadap bahan kimia berbahaya, sehingga tidak perlu khawatir tentang kemungkinan tercemar setelah instalasi. Pipa yang dilapisi geopipe akan terhindari dari kontaminasi sekitar.

Penstabil Konstruksi Tanah Lunak

Geosintetik jenis geofoam berfungsi untuk menstabilkan tanah yang lunak dengan cara mengisi tanah tersebut dengan geofoam.

Material ini berbentuk busa yang terdiri dari beberapa sel tertutup yang diisi dengan gas sehingga mampu mengisi kelonggaran tanak yang lunak agar didapat tanah yang stabil saat melakukan konstruksi.

Penstabil Timbunan Tanah

Timbunan yang diperkuat dengan tulangan woven geotextile dapat memberikan efisiensi yang signifikan dibandingkan dengan metoda konvensional, seperti metoda stabilisasi dengan pembangunan berm maupun metoda perpindahan.

Dalam tanah pondasi di bawah timbunan yang terlalu lunak, untuk dapat mendukung beban timbunan di atasnya, maka diperlukan woven geotextile untuk perkuatannya

Pelindung Tebing Sungai

Penerapan geosintetik untuk pelindung tebing sungai dengan cara menggunakan geobag yang diisi material sehingga dapat menurunkan tinggi permukaan air.

Adanya penambahan geobag ini mampu menambah kekuatan tebing dalam mengatasi kikisan oleh air. Jika terjadi kerusakan perbaikan dilakukan hanya dengan mengganti bagian yang rusak.

Itulah beberapa macam aplikasi dan kegunaan geosintetik pada konstruksi. Bagi Anda yang memiliki project-project baik skala kecil maupun besar, jangan ragu untuk segera menghubungi kami dan mengkonsultasikan dengan kami. Kami juga menyediakan berbagai macam kebutuhan geosintetik untuk konstruksi Anda.

Bagikan artikel ini