Cara Menentukan Nilai Kuat Tusuk Pada Geotextile Nonwoven

Penjelasan Nilai Kuat Tusuk

Geotextile khususnya geotextile nonwoven memiliki banyak sekali jenis dan macam. Memiliki geotextile nonwoven tentunya tidak hanya dilihat melalui ketebalan (gramasi) dan harga, tetapi juga melalui nilai kuat tusuk (puncture strength). Setiap tipe geotextile nonwoven memiliki nilai kuat tusuk yang berbeda, dapat bergantung pada jenis material yang digunakan maupun ketebalannya. Kuat tusuk tentunya sifat yang harus dimiliki oleh geotextile sebagai lapis pelindung. Penggunaan geotextile yang langsung berhadapan dengan bebatuan, kayu-kayu, akan-akar pohon dan lainnya akan mengalami tusukan secara langsung. Selain itu, material timbunan yang jatuh diatas geotextile juga akan menimbulkan gaya dinamik yang berakibat geotextile mengalami gaya tusuk.

Lalu bagaimana cara untuk menentukan nilai kuat tusuk yang tepat. Hal tersebut akan kita bahas pada artikel kali ini, dan tentunya dengan pemahaman secara teknis. Namun jika Anda masih ragu dalam menentukan kuat tusuk yang baik dan benar, kami siap membantu Anda. Petra Nusa Elshada adalah perusahaan yang bergerak dibidang solusi geosintetik. Segera hubungi kami, tim kami selalu siap memberikan penjelasan terinci dari produk-produk geosintetik kami.

Menentukan Nilai Kuat Tusuk

1.      Perhitungan Dasar

Pada skema gambar dibawah ini menunjukan kekuatan tahan pada geotextile terhadap tusukan (sumber: Robert M. Koerner (2005))

skema kuat tusuk geotextile
Gambar 1. Skema Kuat Tusuk Pada Geotextile

Terlihat pada skema diatas, maka akan timbul gaya vertikal yang akan bekerja pada geotextile. Dan geotextile secara perlahan akan mengencang disekitar material runcing. Perhitungan dasar yang didapat berdasarkan pada:

Penjelasan:

  • F : Gaya tusuk vertikal yang harus ditahan (kN)
  • P’ : tekanan pada geotextile (kN/m2)
  • da : diameter rata-rata agregat batuan dan atau objek lain (m)
  • S1 : Faktor Tonjolan dari objek yang meruncing
  • S2 : Faktor Skala untuk menyesuaikan dengan hasl uji tusuk ASTM D4833 yang menggunakan obyek berdiameter 5-7 cm terhadap obyek yang nyata di lapangan.
  • S3 : Faktor Bentuk untuk menyesuaikan alat tusuk datar dari ASTM D4833 terhadap bentuk dari obyek nyatanya.
Objek Yang MenusukFaktor Tonjolan S1Faktor Skala S2Faktor Bentuk S3
Bergerigi dan Relatif Besar0.90.80.9
Bergerigi dan Relatif Kecil0.60.60.7
Agak Bulat dan Relatif Besar0.70.60.6
Agak Bulat dan Relatif Kecil0.40.40.5
Bulat dan Relatif Besar0.50.40.4
Bulat dan Relatif Kecil0.20.20.3
Tabel 1.

Pada persamaan nilai gaya tusuk vertikal diatas, merupakan gaya tusuk yang diperbolehkan/diijinkan. Lalu, faktor-faktor seperti kerusakan akibat instalasi (RFID), kerusakan akibat biologi dan kimia (RFCBD), dan juga reduksi akibat creep (RFCR) harus dikalikan dalam perhitungan gaya tusuk vertikal. Dan untuk faktor-faktor tersebut dapat terdapat pada Tabel 2 berikut ini:

Layanan yang relatif singkat memiliki nilai kisaran terendah. Atau kinerja sistem secara keseluruhan tidak terpengaruh pada deformasi creep. Kesimpulannya akan didapatkan nilai kuat tusuk yang diperbolehkan, yaitu:

2.      Menentukan Nilai Kuat Tusuk di Lab.

ASTM D6241 menjadi acuan untuk menentukan nilai kuat tusuk pada geotextile nonwoven. Peralatan yang akan digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Mesin Penguji : bertipe CRE dengan rekam autografis yg sesuai dengan persyaratan.
  2. Plunger : berdiameter 50mm ± 1mm dengan tepi radial 2.5 mm ± 0.5mm
  3. Alat Klem.
pengujian kuat tusuk geotextile
Gambar 2. Pengaturan pada Pengujian Kuat Tusuk pada Mesin Uji Tarik

Kesimpulan

Itulah beberapa perhitungan-perhitungan yang dapat membantu Anda menentukan Nilai Kuat Tusuk yang tepat pada pemilihan geotextile nonwoven. Dengan pemilihan geotextile nonwoven yang tepat, akan membantu konstruksi proyek Anda menjadi lebih baik. Geotextile nonwoven dapat digunakan sebagai filtrasi, pemisah atau separator, maupun perkuatan tanah dasar. Namun, jika Anda merasa ragu dalam menentukan geotextile yang tepat, tentunya Anda dapat menghubungi kami, team kami senantiasa akan selalu memberikan solusi terbaik geosintetik untuk konstruksi Anda. Petra Nusa Elshada melayani penjualan, konsultasi, dan instalasi.

Bagikan artikel ini