Membangun Jalan Menggunakan Geotekstil

Geotekstil (Geotextile) saat ini sudah menjadi material konstruksi yang memiliki banyak fungsi untuk pembangunan jalan. Banyak dari pelaku konstruksi atau kontraktor menggunakan geotekstil untuk membangun jalan sehingga menawarkan fungsionalitas yang sangat baik. Jalan yang menggunakan geotekstil lebih awet dan tahan lama. Hal ini telah dibuktikan oleh banyaknya kontraktor yang menggunakan geotekstil.

Geotekstil (Geotextile) saat ini sudah menjadi material konstruksi yang memiliki banyak fungsi untuk pembangunan jalan. Banyak dari pelaku konstruksi atau kontraktor menggunakan geotekstil untuk membangun jalan sehingga menawarkan fungsionalitas yang sangat baik.

Perkembangan teknologi yang juga semakin modern dari tahun ke tahun. Dengan munculnya geotekstil, telah tercipta sistem konstruksi berkelas modern bagi siapa saja yang ingin membangun jalan. Faktanya, banyak proyek pembangunan jalan yang dilakukan tahun ini dengan menggunakan geotekstil woven dan geotekstil non woven. Geotekstil yang dipasarkan oleh PT. Petra Nusa Elsahada (PNE) dapat menjadi pilihan yang tepat. Geotekstil yang digunakan secara benar dan terhitung akan sangat awet dan tahan lama.

Membangun jalan menggunakan geotekstil

Jalan tersebut sering dilalui oleh kendaraan, baik itu kendaraan roda dua, roda empat maupun kendaraan lainnya. Seiring berjalannya waktu, kondisi jalan semakin rusak jika tidak dibangun dengan baik dan benar. Berbagai jenis kerusakan seperti lubang, benturan, dan lain-lain, sering terjadi di jalan raya. Apalagi saat cuaca panas, hujan dan lain sebagainya. Hal ini tentu akan membuat pengemudi tidak nyaman saat melewatinya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan pengembangan proyek yang cerdas agar kondisi jalan benar-benar baik dan berkualitas. Jika jalannya bagus untuk berkendara, tidak membahayakan pengemudi. Dalam situasi apapun, baik cuaca buruk atau menerima berbagai benda berat, tidak akan mempengaruhi kondisi jalan yang dibuat dengan baik. Langkah yang efektif dan tepat adalah dengan membangun jalan menggunakan geotekstil. Dengan cara ini, ini adalah pilihan yang tepat. Banyak orang sudah membangun jalan menggunakan geotekstil (geotextile), baik itu geotekstil woven maupun non-woven. Alhasil memberikan hasil yang memuaskan dan membuat nyaman pengemudi.

Geotekstil dapat digunakan dalam konstruksi jalan dengan berbagai cara, antara lain sebagai berikut!

Instalasi atau Pemasangan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memasang geotekstil di atas tanah. Pada titik ini Anda perlu memastikan tidak ada gelombang pada tanah dasar. Pertama, ratakan tanah dengan alat berat atau alat khusus. Pemasangan geotekstil dapat dilakukan dan penggunaannya tepat hanya jika tanah dasarnya rata. Pastikan juga geotekstil tidak tergeser saat pemasangan.

Tahap ini harus Anda perhatikan secara khusus dan pastikan kondisi tanah dan geotekstilnya seragam. Jika dirasa ada yang masih bergelombang, Anda bisa segera memperbaikinya. Berbagai benda yang dapat mengganggu saat proses pemasangan geotekstil dapat langsung dihilangkan. Dengan cara ini, proses instalasi dapat diselesaikan.

Metode Penyambungan

Metode penyambungan dapat digunakan apabila luas area penggunaan geotekstil lebih besar dibandingkan dengan ukuran geotekstil. Langkah ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Anda bisa menggunakan teknik menjahit yaitu dengan menyambung satu geotekstil dengan geotekstil lainnya sehingga menjadi satu.

Cara perakitan ini sangat efektif agar keseluruhan pembangunan jalan dapat terlaksana dengan lancar. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan teknik overlap atau tumpang tindih. Oleh karena itu, konstruksi jalan dapat dibangun dengan baik dan benar menggunakan geotekstil.

Itulah beberapa pilihan konstruksi jalan dengan menggunakan geotekstil. Cara ini tentu sangat efektif karena geotekstil mampu memperkuat jalan. Sehingga struktur jalan lebih awet dan tahan lama jika menggunakan geotekstil. Pastikan untuk memilih geotekstil berkualitas tinggi untuk hasil berkualitas tinggi. Penting untuk selalu mengikuti spesifikasi dan pedoman konstruksi yang berlaku di wilayah Anda, karena metode dan bahan yang digunakan dalam pembangunan jalan dapat bervariasi tergantung pada kondisi tanah, iklim, dan persyaratan lokal lainnya. Selain itu, perlu dilakukan pengawasan konstruksi yang cermat untuk memastikan bahwa pekerjaan dilakukan sesuai dengan rencana dan standar yang ditetapkan.

Bagikan artikel ini