Vertical Garden Dengan Material yang Baik untuk Tanaman

material vertical garden

Pendahuluan

Jika berbicara vertical garden, pastinya yang terlintas pada pikiran kita adalah sebuah taman yang dibangun secara vertikal atau tegak lurus. Banyak sekali jenis-jenis tanaman yang dapat ditanam pada vertikal garden, dan tentunya material yang digunakan pada vertical garden juga berpengaruh. Ada banyak sekali tipe dan jenis vertical garden, salah satunya adalah berdasarkan jenis bahan material yang digunakan. Lalu, vertical garden dengan material yang baik untuk tanaman itu serperti apa? Pada artikel kali ini, kami akan mengupas tuntas secara detail material apa yang sebaiknya digunakan pada vertikal garden.

Ada beberapa macam material yang biasa digunakan pada material dasar vertical garden, yaitu  Plastik PP, Geotextile Woven, dan juga Geotextile Nonwoven. Beberapa material seperti Plastik PP memiliki beragam jenis dan bentuk.

Plastik PP

Plastik PP menjadi material vertikal garden yang saat ini banyak digunakan oleh penggunanya. Selain memiliki banyak bentuk yang unik, warna yg dimiliki Plastik PP pun beragam. Sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Namun dibalik itu, vertical garden berbahan dasar plastik PP memiliki kekurangan. Dengan bentuk yang relatif kaku dan memiliki bentuk yg fixed atau tetap. Plastik PP pun kurang begitu baik untuk pertumbuhan akar tanaman dimana akar tanaman tidak dapat tumbuh secara sempurna. Nutrisi yang masuk ke akar tanamanpun kemungkinan tidak terserap ke dalam akar secara merata.

Geotextile Woven

Vertical garden dengan material geotextile woven cukup dikenal dikalangan masyarakat. Biasanya vertical garden dengan material ini dikenal dengan wall planter. Penggunaannya cukup mudah, karena sudah dilengkapi dengan kantung-kantung yang siap diletakan media tanam dan tanaman. Dan wall planter ini juga sudah dilengkapi dengan lubang pada bagian-bagian pinggirnya yang dapat digunakan untuk menggantungkan ditempat yang diinginkan.

Material geotextile woven terbilang cukup baik untuk tanaman dan dapat mempengaruhi pertumbuhan akar dengan baik. Media tanam yang dapat digunakan pada wall planter pun beragam. Media tanam sendiri bergantung pada jenis tanaman apa yg akan ditanam pada wall planter.

Geotextile Nonwoven

Yang terakhir ada pilihan dengan material geotextile nonwoven yang saat ini sedang banyak diujicoba dan memiliki nilai yang positif dari penggunanya. Geotextile nonwoven sendiri memiliki sifat yang permeable dimana air dapat mengalir dengan mudah melalui pori-pori geotextile nonwoven. Dengan begitu, air dan nutrisi dapat terserap sempurnya hingga ke bagian akar tanaman. Vertical garden dengan material geotextile nonwoven memiliki daya tahan yang cukup tinggi karena geotextile nonwoven sendiri memiliki ketahanan terhadap bakteri dan senyawa kimia dan juga daya tahan terhadap sinar UV.

Vertical garden geotextile nonwoven juga sudah dilengkap dengan kantung-kantung yang siap tanam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Dilengkapi juga dengan lubang-lubang yang dapat digunakan sebagai penggantung atau pengait pada dinding. Dengan vertical garden geotextile nonwoven, perawatan tanaman pada lahan yang minim menjadi lebih mudah.

Penutupan

Itulah tadi beberapa material-material dasar dari vertical garden yang dapat kita pilih. Dengan berbagai keunggulannya, vertical garden berbahan dasar geotextile nonwoven dapat menjadi pertimbangan yang baik untuk anda.

PT. Petra Nusa Elshada memiliki produk vertical garden berkualitas. Kami melayani penjualan dan pemasangan produk-produk geosintetik. Konsultasikan kebutuhan geosintetik anda hanya kepada kami. Hubungi kami untuk informasi harga geotextile terkini.

Bagikan artikel ini